Irfansiswanto's Blogspot

Just another WordPress.com weblog

Karir Terencana, Kesuksesan di Depan Mata

Sumber: www.AnneAhira.com

Bekerja dalam bidang yang kita sukai dan yang memang kita kuasai adalah impian setiap orang. Kesuksesan seseorang biasanya dinilai dari pekerjaan apa yang digelutinya, berapa pendapatannya dan kekayaan apa saja yang dimilikinya. Tapi sebenarnya kesuksesan seseorang itu tidak hanya dinilai seperti itu saja. 

Kesuksesan itu tidak hanya sekedar bekerja dan mendapatkan uang, namun keadaan di mana orang tersebut merasa nyaman dan mencintai pekerjaannya. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bidang yang kita cintai dan kita kuasai, maka karir dalam dunia kerja kita harus di rencanakan dengan baik.

Karir yang cemerlang tidak terjadi begitu saja seperti membalikkan telapak tangan. Namun sebuah karir yang cemerlang memerlukan perencanaan matang, persiapan dan kerja keras yang nyata untuk membangun karirnya tersebut.

Pengertian karir atau dalam bahasa Inggrisnya tertulis career adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang selama ia bekerja. Menurut Driver, 1982, karir dapat dibagi dalam 4 tipe kelompok.

1. Steady State

Dalam kelompok ini disebutkan bahwa karir yang dipilih hanya satu jenis pekerjaan yang dilakukan selama masa kerjanya. Misalnya: sejak awal ia menduduki posisi sebagai salesman. Sampai bertahun-tahun kemudian ia akan tetap sebagai salesman. Tidak ada peningkatan posisi dan tidak ada perubahan jenis pekerjaan.

2. Linear

Pada kelompok linear, suatu karir mengalami peningkatan ke atas pada suatu jenis pekerjaan. Misalnya, sekarang Anda menduduki posisi sebagai salesman, kemudian karir Anda meningkat menjadi supervisor marketing lalu meningkat lagi menjadi manager marketing dan seterusnya.

3. Spiral

Pada kelompok spiral ini, karir Anda adalah menekuni pekerjaan dalam kurun waktu lama, antara 5-10 tahun. Kemudian Anda akan keluar dari tempat kerja dan membuka usaha sendiri atau beralih ke pekerjaan lain namun dengan keahlian dan kemampuan yang sama seperti pekerjaan sebelumnya.

Misalnya saja, Anda bekerja sebagai seorang sales selama 7 tahun pada sebuah toko alat tulis. Kemudian Anda keluar dan membuka usaha toko alat tulis sendiri. Keahlian mengelola toko tersebut telah dikuasai berkat pengalaman Anda selama 7 tahun bekerja tersebut.

4. Transitory

Jika Anda termasuk dalam kelompok ini biasanya berkarir dalam berbagai jenis bidang pekerjaan dan dalam jangka waktu yang cepat dengan tujuan menguasai berbagai keahlian dari pengalaman bekerja ini. Misalnya saja Anda sekarang bekerja sebagai seorang fotografer. Kemudian beralih menjadi web designer dan terus beralih pekerjaan sampai Anda memilih menekuni salah satu dari berbagai profesi yang telah dicoba.

Apapun pilihan karir yang Anda tentukan, tetap saja pengembangan karir memerlukan suatu tahapan perencanaan agar dapat mencapai kesuksesan baik bagi karir Anda maupun kesuksesan bagi kehidupan Anda secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tahapan perencanaan yang perlu dilakukan untuk peningkatan karir Anda.

Membuat Sebuah Perencanaan

Ditahap awal ini Anda perlu memikirkan tujuan dan impian apa yang ingin dicapai. Buatlah perencanaan dari beberapa ide-ide yang bisa Anda laksanakan untuk mewujudkan tujuan dan impian-impian itu.

Membuat rencana di tahap awal karir adalah mutlak dilakukan. Rencana yang dipikirkan tersebut berisi tentang berbagai langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Anda, halangan-halangan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Dengan perencanaan yang baik, maka apapun yang terjadi dalam karir, tentu Anda sudah memiliki berbagai jalan keluar yang bisa dicoba untuk menyelesaikannya. Niscaya jalan menuju kesuksesan akan terbuka satu per satu.

Tulis Rencana Tersebut

Jika rencana yang Anda pikirkan hanya tetap Anda pikirkan, rencana itu hanya akan tinggal rencana. Mungkin saja dengan berjalannya waktu dan berbagai masalah yang Anda hadapi dalam karir Anda membuat Anda lupa akan rencana awal untuk mencapai tujuan dan impian Anda sehingga Anda akan tetap berjalan di tempat, tidak akan pengembangan dan peningkatan yang baik dalam karir Anda.

Untuk itu, tulislah rencana yang sudah Anda buat tersebut. Dengan menuliskan rencana-rencana pribadi Anda, berarti Anda mempunyai pedoman, apa saja yang harus Anda lakukan.

Tentukan Rencana Anda sendiri

Jangan tergantung orang lain. Rencana yang sudah dipikirkan harus Anda tentukan sendiri. Jangan mengandalkan orang lain agar terlaksananya rencana Anda.

Tentukan Penilaian Terhadap Kemampuan Diri Sendiri

Dalam merencanakan karir, Anda dituntut untuk jujur terhadap kemampuan diri sendiri. Kelemahan dan kekuatan yang dimiliki hanya Anda yang tahu. Dengan jujur terhadap kelebihan dan kekurangan diri sendiri, Anda dapat menentukan rencana yang maksimal yang dapat dilakukan dalam mencapai tujuan.

Ambil Tindakan Sekarang!

Orang yang sukses adalah orang yang segera bertindak! Buatlah keputusan setelah Anda menyelesaikan rencana-rencana yang telah disusun. Biasakan untuk memanfaatkan waktu dengan bijaksana. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Lakukanlah apa yang bisa Anda lakukan hari ini.  Jangan menunggu besok karena belum tentu hari esok itu akan datang sebaik hari ini.

Susun rencana Anda hari ini, laksanakan, dan karir Anda akan menuju puncak!

 

Information

This entry was posted on February 15, 2011 by .
%d bloggers like this: